Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Tambah 11 Dosen Bergelar Doktor E-mail
Thursday, 29 December 2016

ImageSebanyak 11 dosen Universitas Islam Indonesia berhasil menyelesaikan studi jenjang doktoralnya pada tahun 2016. Para doktor baru tersebut sebelumnya menempuh pendidikan S3 di berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Secara khusus Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII beserta Dekan-dekan di lingkungan UII menyambut kembalinya para doktor baru tersebut yang diselenggarakan di Gedung Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII pada Kamis (29/12).

Disampaikan Dr. Harsoyo bahwa kurangnya jumlah dosen bergelar Doktor masih menjadi permasalahan perguruan tinggi di seluruh Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Demikian hal nya di UII, hingga saat ini dari 732 dosen yang ada, baru 151 dosen yang bergelar Doktor.

Dengan selesainya tugas belajar tersebut, Dr. Harsoyo berharap para Doktor baru dapat semakin meningkatkan kontribusi dalam bidang pendidikan di UII serta turut memberikan solusi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. “Kompetensi dan kedalaman ilmu yang mereka miliki merupakan titipan dari Allah SWT untuk kembali disampaikan dan direalisasikan guna memberikan kemaslahatan masyarakat.” Jelas Dr. Harsoyo.

Padahal jika kita melihat di negara-negara tetangga kita seperti Malaysia, Singapura, Thailand hampir semua dosen sudah bergelar Doktor. Hal ini berarti Indonesia masih mempunyai PR besar untuk dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang baik atau setidaknya menyamai perguruan tinggi di negara-negara maju.

Ketua Umum Badan Wakaf UII Dr. Ir. Luthfi Hasan, M.S., juga berpesan kepada para doktor baru agar senantiasa memiliki komitmen yang tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam keislaman, karena dakwah Islamiyah merupakan salah satu Catur Dharma UII. “Yang kita perlukan saat ini yaitu kita harus kuat komitmen kita. Ada dua komitmen. Pertama, komitmen risalah, komitmen keislaman atau catur dharma dakwah islamiyah. Jika itu tidak kita lakukan siapa yang akan melakukan.” Ujar Dr. Luthfi.

“Kedua, komitmen yang juga harus kuat yaitu komitmen untuk mengabdi di UII. Karena contoh kasusnya sudah banyak, walaupun mereka Ahli tapi dua komitmen itu berat.” Lanjutnya.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map